(Review) Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Band 2

(Review) Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Band 2

Review Mi Band 2 - Kebugaran menjadi salah satu tolak ukur ketika kita ingin menjaga kesehatan tubuh. Di era sekarang, banyak teknologi yang mendukung manusia untuk menjaga kesehatannya. Salah satu inovasi dari Xiaomi yaitu perangkat smartband. Perangkat smartband dari Xiaomi tersebut diberi nama xiaomi mi band

review kelebihan dan kekurangan xiaomi mi band 2
review kelebihan dan kekurangan xiaomi mi band 2
Saat ini xiaomi mi band sudah hadir dalam seri ke-3 (pada saat artikel ini dibuat). Sebelumnya Xiaomi telah meluncurkan Xiaomi Mi Band 1, Xiaomi Mi band 1S, dan sekarang meluncurkan Xiaomi Mi Band 2. Sebelumnya xiaomiku pernah mengulas mengenai mi band weareable termurah dari xiaomi.

satu set perangkat xiaomi mi band 2
satu set perangkat xiaomi mi band 2

Sebenarnya apa fungsi utama dari smartband ini?

Mungkin pertanyaan diatas yang muncul dibenak para Mifans yang belum pernah mencoba atau bahkan sedang penasaran ingin membelinya. Xiaomi Mi Band 2 ini berfungsi untuk mencatat dan memantau kebugaran tubuh kalian. Selain untuk menjaga memantau kebugaran tubuh, smartband ini sangat cocok sekali untuk meningkatkan penampilan karena design yang elegan dan hadir dengan strap yang sangat menarik.

Apa saja yang bisa dicatat dan dipantau?

Xiaomi Mi Band 2 sendiri dapat mencatat dan memantau detak jantung, pedometer, sleep tracker dengan dukungan  aplikasi Mi Fit. Apalagi itu aplikasi Mi Fit ? Aplikasi Mi Fit ini membantu kalian untuk menampilkan apa yang sudah dicatat dan dipantau Mi Band ke ponsel Android atau iOS kalian. Aplikasi ini dapat digunakan pada Android 4.0 Kitkat keatas dan iOS 7.0 keatas. Aplikasi ini akan menampilkan jumlah langkah, jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar, tidur dan detak jantung si pengguna. 

Apa lagi kegunaan Xiaomi Mi Band?

Selain digunakan untuk memantau dan mencatat kebugaran tubuh. Xioami Mi Band 2 dapat kalian gunakan untuk mengaktifkan alarm dan dapat menampilkan notifikasi dari ponsel kalian seperti SMS, telepon, Whatsapp, Facebook, Instagram, dan aplikasi lainnya. Kalian bisa mengaturnya terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi Mi Fit. Mi Band akan menampilkan icon dengan getaran (hanya khusus untuk Whatsapp dan Telepon) dan tulisan "App" untuk aplikasi lainnya. Xiaomiku sebelumnya juga pernah membahas cara menghubungkan xiaomi mi band hp android.

Apakah Xiaomi Mi Band 2 layak untuk dibeli dan digunakan?

Jawabannya adalah ya. Walaupun fitur yang dimiliki masih sederhana namun, smartband ini cukup bermanfaat. Selain itu, xiaomi mi band 2 dapat digunakan untuk menggantikan jam tangan karena dilengkapi dengan layar OLED. Untuk ketahanan baterai, xiaomi mi band 2 telah didukung dengan Bluetooth V.4.0 low energy sehingga baterainya tidak akan cepat habis. Kemungkinan terburuk adalah kalian mengisi daya per pekan.

unit xiaomi mi band 2 tanpa strap
unit xiaomi mi band 2 tanpa strap
unit xiaomi mi band 2 tanpa strap

Spesifikasi apa saja yang dimiliki Xiaomi Mi Band 2?

  1. Ukuran dimensi 40,3 x 15,7 x 10,5 mm
  2. Dilengkapi layar OLED 0,42 inchi
  3. Berat hanya 19 gram
  4. Didukung Bluetooth V.4.0 Low Energy
  5. Kapasitas baterai 70 mAh yang diklaim dapat bertahan 2 minggu.
  6. Sensor Heart-rate dan Pedometer
  7. Panjang 235 mm
  8. Tombol Kapasitif
  9. Harga terjangkau hanya Rp. 500.000

Review Lengkap Xiaomi Mi Band 2

Kelengkapan Xiaomi Mi Band 2

Dalam satu set Xiaomi Mi Band 2, kalian akan mendapatkan beberapa perangkat yaitu:
  1. Strap Band
  2. Konektor Charger
  3. Sensor Mi Band 2
  4. Box Xiaomi
  5. Buku Panduan Manual

Layar Xiaomi Mi Band 2

Pertama hal yang akan kita review adalah layar. Xiaomi Mi Band 2 sendiri hadir dengan mengandalkan sambungan dan display dimana dari 2 seri sebelumnya Xiaomi Mi Band hanya mengandalkan sambung dengan smartphone saja. Layar Xiaomi Mi Band 2 menggunakan layar OLED yang tentunya akan memberika kejelasan tampilan walaupun dibawah sinar matahari. Selain itu, layar OLED diklaim jauh lebih hemat energy. Layar OLED Xiaomi Mi band memiliki luas 0,42 inchi dan tidak akan terlihat mesti keadaan mati.

Desain Xiaomi Mi Band 2

desain xiaomi mi band 2 ketika digunakan
desain xiaomi mi band 2 ketika digunakan

Selanjutnya yang akan kami bahas adalah dari segi desain. Dari segi desain sendiri Xiaomi Mi Band 2 mengalami lebih banyak perubahan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Xiaomi Mi Band 2 hadir dengan permukaan chip yang dilapisi kaca dengan lapisan khusus, sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Namun, adakalanya tetap meninggalkan bekas sidik jari terutama apabila kalian sedang berkeringkat. Sementara untuk strap sendiri terbuat dari bahan karet yang cukup nyaman untuk digunakan, termasuk saat basah. Walaupun saat basah sulit untuk dikeringkan.

Fitur Xiaomi Mi Band

Hal ketika yang tidak kalah penting adalah fiturnya. Kegunaan Xiaomi Mi Band 2 ini adalah untuk memantau dan mencatat kebugaran tubuh kalian. Jadi fiturnya juga tidak jauh dari seputar catat mencatat seperti jarak langkah kaki, detak jantung, dan kalori yang terbakar. Untuk fitur pedometer, pada xiaomi mi band 2 sudah ditingkatkan sehingga akan menyaring gerakan yang tidak penting, jadi yang dihitung hanyalah gerakan olahraga kalian.

fitur yang dimiliki xiaomi mi band 2
fitur yang dimiliki xiaomi mi band 2

Selain itu, dukungan fitur Bluetooth V.4.0 Low Energy dapat menghubungkan Xiaomi Mi Band 2 dengan smartphone kalian baik Android maupun iOS. Kalian dapat melihat semua informasi seperti jumlah kalo terbakar, kualitas tidur dan lain-lain dengan bantuan aplikasi Mi Fit. Kalian juga bisa memperbarui firmware Xiaomi Mi Band 2 dengan palikasi Mi Fit.

Kalian dapat mengaktifkan layar secara otomatis dengan mengangakat tangan untuk melihat informasi pada Xiaomi Mi Band 2 tanpa menyentuh tombol. Kalian juga dapat diingatkan apabila kalian terlalu lama duduk dan tidak bergerak. Selain itu, fitur Idle dapat membuat getaran secara lembut untuk mengingatkan agar kalian beristirahat sebentar atau sekedar minum.

Selain fungsi-fungsi diatas, Xiaomi Mi band 2 dapat bergetar jika ada notifikasi di smartphone kalian. Kalian juga dapat mengaktifkan alarm dengan Xiaomi Mi Band. Xiaomi Mi Band 2 akan bergetar halus untuk membangunkan kalian ketika sudah waktunya. 

Baterai Xiaomi Mi Band 2

xiaomi mi band 2 saat dicharger
xiaomi mi band 2 saat dicharger

Hal selanjutnya adalah tentang baterai Xiaomi Mi Band 2. Percuma apabila alat mempuyai desain dan fitur yang bagus tapi boros baterai. Xiaomi Mi Band 2 mempunyai baterai 70 mAh yang diklaim mampu bertahan sampai 20 hari. Daya tahan baterai ini tergantung seberapa sering kalian menghidupkan layar Xiaomi Mi Band 2 kalian. Sedangkan untuk pengisian, smartband ini membutuhkan waktu > 1 jam. Kalian dapat mengisi baterai dengan powerbank atau dengan menghubungkan charger ke USB Laptop. Sama seperti kalian sedang mengisi smartphone kalian.

Sertifikat IP67

Dengan lolos uji sertifikasi IP67, membuat smartband tahan dari debu maupun air. Xiaomi Mi band 2 dapat kalian gunakan untuk berenang hingga kedalaman 1 meter selama 1 jam. Namun, kami tidak merekomendasikan kalian untuk mengunakan xiaomi mi band 2 saat berenang walaupun beberapa orang yang merekomendasikan Xiaomi Mi Band 2 untuk berenang.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Band 2

Hal yang terakhir akan kami bahas adalah kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Mi Band 2 itu sendiri. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib kalian ketahui apabila hendak membeli smartband dari Xiaomi ini:

Kelebihan Xiaomi Mi Band 2

  1. Desain sangat elegan dan sporty
  2. Mudah untuk digunakan
  3. Layar didukung dengan OLED
  4. Fitur Pedometer yang telah diperbarui
  5. Tahan debu dan air hingga kedalaman 1 meter
  6. Harga tidak terlalu mahal (sekitar 500 ribuan)
  7. Strap dapat dilepas (bila rusak dapat diganti)
  8. Pemakai baterai yang tidak boros
  9. Strap terbuat dari bahan karet yang kuat dan nyaman
  10. Mirip seperti jam tangan

Kekurangan Xiaomi Mi Band 2

  1. Stap sulit kering ketika sudah basah
  2. Permukaan layar terkadang meninggalkan bekas sidik jari
  3. Ukuran layar OLED cukup kecil dibanding dengan main unitnya.


Ada pepatah bilang "Kesehatan Mahal Harganya". Maka jagalah tubuh kalian ketika sedang sehat. Mungkin dengan kalian mengetahui review xiaomi mi band 2 ini dapat menambah refrensi peralatan apa yang kalian butuhkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kalian dan mengetahui kelebihan dan kekurangan xiaomi mi band 2 itu sendiri. 

Bagaimana komentar kalian mengenai Xiaomi Mi Band 2 ini ? Silahkan kalian tulis di kolom komentar dibawah. Sekian review dari xiaomiku dot net dan terima kasih. Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman kalian. Salam badaalaa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "(Review) Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Band 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel